Transmisi Automatic Tiptronic pada Mobil Peugeot

Sebelum memutuskan membeli mobil Peugeot yang menggunakan teknologi transmisi tiptronic, Pug lovers yang belum sempat mencoba mobil  dengan transmisi ini pasti ingin melihat seperti apa sih wajah tiptronic ini? Gambar dan penjelasannya adalah sebagai berikut:

Keterangan gambar:

Pengguna yang belum terbiasa menggunakan transmisi automatic mungkin ada yang belum hafal dengan panel ini. Penulis mengingatkan kembali bahwa tombol P digunakan ketika mobil sedang berhenti terutama ketika sedang diparkir, tombol R (Reverse) untuk mundur, tombol N adalah untuk menetralkan gigi, tombol D (Drive) adalah untuk berjalan. Lalu apa bedanya tombol P dan N? Pada buku manual Peugeot, diinformasikan bahwa pengguna boleh saja melakukan starter mobil pada saat transmisi di tombol P atau N, namun disarankan ketika posisi sedang berada di tombol P, dan jangan lupa ketika starter harus menginjak pedal rem ya.

Tiptronic:

Di sebelah kiri bisa kita lihat adanya tombol M (Manual) untuk mengubah transmisi automatic menjadi transmisi manual. Inilah yang namanya tiptronic, bisa digunakan untuk transmisi automatic maupun manual, cara memindahkan gigi hanya mendorong knob transmisi ke depan (utk menambah gigi) dan ke belakang (untuk mengurangi gigi) tapi tanpa perlu menginjak pedal kopling karena tidak ada pedal kopling pada transmisi jenis ini. Bagaimana, asik bukan?

Semoga bermanfaat :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s